Wednesday, May 8, 2013

Pengetahuan Dasar Air Conditioner (A/C) Part 2

PRESSURE (Tekanan)
Tenaga yang bekerja pada sebidang luasan dinamakan “pressure”. Secara normal tenaga yang bekerja pada bidang luasan 1cm² ditunjukan dalam satuan kg. Sehingga satuan tekanan : kg/cm²

1. Absolut pressure
Tekanan yang dibebankan pada dinding didalam suatu bejana oleh gas dinamakan tekanan absolut. Yang disebut complete vacuum pressure dimana tidak timbul aktivitas molekul, yang diistilahkan sebagai zero pressure.Absolut pressure ini digunakan sama seperti absolut temperatur ketika memperlakukan masalah secara teoritis. Satuan absolut pressure adalah kg/cm² abs untuk membedakan dari pressure yang biasa.

2. Gauge pressure
Pressure yang diukur dengan pressure gauge pada zero barometric pressure dinamakan gauge pressure. Pressure ini menunjukan perbedaan antara absolut pressure dengan atmospheric pressure.
Untuk perhitungan teoritis, gauge pressure harus dikonversikan ke absolut pressure. Dalam kebanyakan kasus, pressure mengacu pada gauge pressure. Satuan gauge pressure adalah kg/cm² g, untuk membedakan dari pressure yang biasa.


3. Atmospheric pressure
Ini adalah pressure dari udara. Standard atmospheric pressure adalah 1,03 kg/cm² abs.pada permukaan laut.yang sebanding dengan 760 mmHg atau 10,3 m H2O.
Hubungan antara absolut pressure dengan atmospheric pressure ditunjukan dengan rumus sbb :

Absolut pressure = gauge pressure + atmospheric pressure.

Bahkan jika gauge pressure dari gas didalam wadah adalah nol, gas actualnya
adalah 1,03 kg/cm² abs.

4. Vacuum dan derajat kevacuuman
Normalnya pressure gauge mempunyai daerah merah pada skalanya untuk menunjukan bahwa pressure dibawah 0 kg/cm². Gas apapun yang ditunjukan dalam daerah merah adalah dibawah atmospheric pressure. Istilah vacuum mengacu pada ruang yang diisi gas dengan pressure dibawah atmospheric pressure. Vacuum yang sempurna mengacu pada ruang yang benar-benar kosong dari pressure gas (0 kg/cm² abs.). Derajat kevacuuman yang di pakai pada tekanan statis dibawah tekanan
atmosfir dan yang ditunjukan dalam kaitanya dengan absolut pressure dinyatakan dalam cm Hg. Pada skala gauge atmospheric pressure di set pada nol dan prefect vacuum di set pada 76cmHg. Untuk merubah pembacaan, h cmHg, dari vacuum gauge ke absolute pressure P kg/cm² abs. Digunakan rumus :

P = 1,03 x (1 – h/76) dimana derajat
kevacuuman adalah (76-h) cmHg.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More