Sunday, October 16, 2011

Pengertian Tegangan dan Hambatan Listrik


Tegangan ( V ). 

Tegangan adalah gaya yang mengakibatkan terjadinya arus listrik. Terjadinya   tegangan akibat beda / selisih potensial dan dikatakan ada tegangan ( voltage ).
Arus listrik akan mengalir dari tegangan tinggi ke tegangan yang lebih   rendah. Satuan tegangan listrik disebut “ Volt “ dan disimbolkan “ V “.
  1 ( MV )   = 1000 ( KV ).
  1 ( KV )   = 1000 ( V ).
  1 ( V )      = 1000 ( mV ).

Hambatan ( R ). 
Kawat tembaga pada umumnya digunakan untuk menghantarkan arus llistrik   karena kawat tembaga, hambatan terhadap aliran listriknya kecil. Lihat   gambar berikut ini :


Ketika elektron bebas berjalan melalui sebuah logam, elektronelektron itu   melambung melawan molekul, yang akan memperlambat kecepatan   jalannya. Perlambatan kecepatan ini merupakan hambatan yang umumnya   disebut dengan “ Electric Resistance “ atauHambatan Listrik “.


Satuan dari hambatan adalah ohm dan diberi simbol ( W ). Hambatan suatu   penghantar dikatakan mempunyai nilai 1 W bila besarnya hambatan tersebut   menyebabkan mengalirnya arus sebesar 1 A, bila pada kedua ujung kawat   penghantar tersebut dihubungkan dengan sumber tegangan sebesar 1V pada temperatur konstan ). Adapun harga hambatan pada sebuah   penghantar dipengaruhi oleh bahan penghantar, luas penampang   penghantar, serta temperatur. Besarnya harga hambatan dapat dihitung   dengan rumus :
            r
  R = L ---
           A

  Dimana :  
  R  = Hambatan ( ohm).
  r = Tahanan jenis ( ohm meter ).
  L  = Panjang kawat ( meter ).

  A = Luas penampang kawat ( m2 ).





0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More