Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang Hydrosift Transmission, sekarang kita akan membahas komponen dalam Hydroshift Transmission itu sendiri. Pada produk komatsu, hydroshift transmission dibagi dalam dua bentuk, yaitu dengan menggunakan planetary gear dan menggunakan counter shaft. Dan untuk kali ini, saya akan menjelaskan tentang planetary gear system saja.
Planetary gear system
terdiri dari tiga elemen, yaitu : Sun gear, Carrier dan Ring gear atau internal gear. Apabila mencoba untuk memutarkan dua elemen dari ketiganya atau satu diputar sedangkan satu lagi ditahan maka akan menghasilkan putaran yang bervariasi pada elemen outputnya, lebih cepat atau lebih lambat, maju atau mundur.
Speed ratio dari
gear penggerak dengan gear yang digerakkan adalah tergantung jumlah gigi dari masing - masing gear. Kebanyakan pemakaian dari planetary gear system terdapat pada transmission system
yang mana untuk kecepatan putar dan arah putar dariintpu dapat diubah bervariasi dalam berbagai tingkatan pada planetary gear
system.
Input shaft dihubungkan dengan planetary carrier ( untuk lebih singkat selanjutnya disebut Carrier ), sedangkan output shaft dihubungkan dengan Sun gear. Ketika kedua Ring gear ditahan diam tak berputar ( dengan cara meng-engage-kan clutch yaitu mengikat ring gear dengan case ). Maka sun gear yang selanjutnya sebagai output akan mendapat tenaga putar dari input.
Dikarenakan adanya perbedaaan jumlah gigi dari kedua sun gear ( lihat gambar )
maka apabila clutch untuk speed 2 di-engage-kan, output putarannya akan lebih cepat daripada clutch untuk speed 1 yang di-engage-kan.
0 comments:
Post a Comment