Monday, December 26, 2011

Sirkuit Dasar Open Center dan Close Center


Sahabat teknisi, kembali lagi pada pembahasan sistem hidrolik. Dalam suatu sistem hidrolik, hubungan antar komponenkomponennya dibagi   menjadi dua macam sistem, yaitu sistem open centre dan sistem close centre.

Dewasa ini ada dua jenis sistem hidrolik yang dikembangkan untuk dipakai di   unit- unit traktor :

1.  Open Center System

Dalam sistem bila control valve dalam keadaan netral, maka aliran oli disuplai   oleh pompa langsung dikembalikan ke tangki hidrolik lagi. Pada saat itu,   flownya maximum sedangkan pressurenya nol.


2.  Close Center System.

Bila control valve dalam keadaan neutral maka saluran dari pompa tertutup.   Dengan demikian maka tekanan antara pompa control valve akan naik sampai   batas tertentu kemudian pompa berhenti mensuplai oli ke sistem. Jadi bila
control valve neutral ( tertutup di tengah ) maka pompa akan neutral ( tidak   mensuplai oli ).


Dalam hal ini bila control valve neutral maka pompa akan mensuplai oli sampai   tekanan naik pada batas yang sudah ditentukan kemudian pressure tersebut   dimanfaatkan atau menghentikan sama sekali untuk menjaga agar tekanan kerja sistem konstan.

Pada keadaan lain akan sama kejadiannya bial control valve digerakkan dan   piston bergerak sampai akhir langkah piston hydraulic cylinder. Dengan   demikian maka tekanan sistem akan naik dan bila sudah mencapai batas yang   sudah ditentukan maka suplai pompa dikurangi atau dihentikan sama sekali   untuk menjaga tekanan dalam sistem agar tetap pada tekanan maksimum   sistem.

22 comments:

Sangat bermanfaat, thanks gan

Unit apa saja yang menggunakan closing center system

Kelebihan open center system' apa aja bang

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More