Saturday, December 10, 2011

Komponen-Komponen Dasar Sirkuit Hidrolik

Kembali pada pembahasan tentang hidrolik sistem, setelah pada posting-posting yang terdahulu kita panjang lebar membahas terminologi dasar hidrolik, kali ini saya akan menjelaskan tentang komponen apa saja yang dibutuhkan dalam satu sistem hidrolik, agar dapat bekerja dengan baik.
Komponen-komponen dalam sirkuit dasar sistem hidrolik agar dapat bekerja dengan sempurna adalah sebagai berikut


1. Tangki Hidrolik (Hydraulic Tank) adalah sebagai tempat
penampung oli dari sistem. Selain itu juga berfungsi sebagai pendingin
oli yang kembali.

2. Pompa Hidrolik (Hydraulic Pump) sebagai pemindah oli dari
tangki ke dalam sistem. Artinya, pompa mengubah tenaga mekanis engine
menjadi tenaga hidrolis, Dan bersama komponen lain menimbulkan
hydraulic pressure.

3. Control Valve gunanya untuk mengarahkan jalannya oli ke tempat
yang diinginkan atau direksional

4. Actuator (Cylinder dan Motor) adalah sebagai perubah dari
tenaga hidrolik menjadi tenaga mekanik baik itu axial maupun putaran.

5. Main Relief Valve gunanya untuk membatasi tekanan maksimum
yang diijinkan dalam hydraulic system , agar sistem sendiri tidak rusak
akibat over pressure.

6. Selain itu juga diperlukan Filter untuk menyaring kotoran-kotoran seperti
gram-gram agar tidak ikut bersikulasi kembali. 

Namun, sebenarnya tidak cuma terbatas pada komponen tersebut di atas, karena dalam perkembangannya sistem hidrolik sekarang lebih kompleks. Banyak terdapat komponen-komponen yang dipasang sesuai dengan tujuan penggunaan sistem hidrolik itu sendiri. Untuk lebih lengkapnya akan saya bahas di waktu yang akan datang.


9 comments:

Yang control valve itu yg directional valve bisa tlong jelasin gak mas, msih gak nyantol nih, trus yg flow sama pressure valve itu apa msing2 saling brpengaruh??

Directional valve artinya bisa membelokkan arah oli hydraulic, misal posisi pertama oli untuk menggerakkan silinder maju, posisi kedua arah oli berubah sehingga menggerakkan silinder mundur atau sebaliknya.
kalo yang dimaksud pressure relief valve, cara kerjanya adalah pada tekanan tertentu dia akan membuka sehingga sistem tidak akan mengalami over load pressure.

Semoga bermanfaat

trimakasih sudah mengunjungi blog ini..

mau tanya pak, apakah ada kejadian masuk angin pada saluran hidrolik, misal pada waktu mengganti komponen, apakah ada pengaruhnya, trus bagaimana mengatasinya

ada mas, bahkan sering terjadi kondisi masuk angin pada sistem hidrolik, oleh karena itu pada komponen2 tertentu misalnya pompa, atau pun cylinder hidrolik biasanya dilengkapi dgn nipple bleeding nya mas, tinggal mas kendorin dikitm kemudian engine dihidupkan.

untuk pengaruhnya biasanya terjadi jerking, atau gerak attachment mnjadi tersendat2

kita juga punya nih artikel mengenai 'Hidrolik', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1353/1/21107718.pdf
terimakasih

mas mau tny ni apakah ada pengaruh control valve terhadap attecmen.misal nya turun sendri padahal seal udah dignt semau

Saya mau nanya, kondisi pompa hidraulik bgus , tetapi sewaktu exavator di gerakan semisal. Bom nya ada bunyi berat dan pompa bergetar,,,,tolong di share pak kendala penyebab nya apa,,,,,sblmnya trima kasih.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More