Friday, November 18, 2011

Prosedure / Cara Adjustment Front Suspension HD 465-7 dan 785-7

1.Ukuran standard front suspension.
Parkir unit tanpa muatan ditempat yang rata dan keras.Cover penutup rod front suspension harus berada pada batas “e”.Lihat gambar dibawah :




2.Membuang gas Nitrogen dari dalam Front Suspension.

  • Pasang hydraulic jack 50 Ton.
  • Kendorkan plug ( 1 ) sebanyak 2 atau 3 putaran ( Sebelumnya lepas dulu connector 2 ).
  • Atur jack,sehingga dimensi " a " = antara 76 - 92 mm.
Lihat gambar dibawah :



3.Adjust Oil Level.
  • Dengan menggunakan pressurized oil pump, hubungkan dengan suspensi pada nipple nomor (3). Kendorkan plug no (1) lalu pompakan oil SAE 10 ke suspensi hingga gelembung udara yang keluar dari niple no (1) tidak ada lagi.
  • Kendorkan plug (4) sehingga gelembung udara keluar dari b hingga bersih.
  • Disconnect oil pump lalu pasang valve dan kencangkan. Demikian juga sensor suspensi dan plug (4)
Lihat gambar dibawah :



4.Mengisi Nitrogen
  • Pasang Charging Tools suspensi seperti gambar dan hubungkan pada nipple no (5) pada suspensi kiri dan kanan.
Catatan :
- bersihkan hose sebelum dipasang ke valve dengan gas nitrogen dengan tekanan 10 kg/cm2 untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam hose.
- Connection tidak perlu kencang sekali tetapi cukup jika sudah tidak bocor.
  • Putar valve H10a hingga membuka core valve suspensi agar gas bisa masuk ke suspensi.
  • Buka valve (2) hingga terbaca tekanannya pada gauge H12.
Catatan :
Tekanan tabung minimal 10 kg/cm2 di atas tekanan setting suspensi.
  • Putar ke kanan regulator H11a hingga gauge H13 menunjukkan minimal 10 kg/cm2 di atas tekanan setting suspensi (44 kg/cm2).
  • Buka valve H7 (kiri dan kanan) secara bersamaan sehingga kedua suspensi naik. Jika belum naik juga maka naikkan regulator H11a hingga max 60 kg/cm2. Setelah ketinggian rod tercapai (“a” : 249±10 mm), tutup valve H7. Kendorkan valve H11a untuk menutup dari tabung (1)
  • Buka valve H7 untuk melihat tekanan masing-masing suspensi secara bergantian. Jika tekanan melebihi standard buka drain plug pada valve H7 secara bergantian.
Catatan :
Pastikan front suspension level-nya sudah sama baru kemudian pressurenya disamakan.
MrKFED33UuBmUuZr6HXAA8Ni-g4
Lihat gambar dibawah :




14 comments:

hati2 mas, biasanya body unit akan turun jika tidak di beri stand. hydraulic jack tidak selamanya kuat, lebih baik menggunakan stand dari pada jack. lebih aman dan lebih safety

iya mas, makasih sarannya mas... makasih juga sudah berkunjung di blog saya mas...

brapa kira2 oli yg dperlukan untuk oiling front suspensi hd 785-7

untuk front suspensi 785-7 volumenya sekitar 29-30 liter mas, untuk lebih pastinya bisa mas lihat di spesifikasi shop manual

Mas,untuk point 2.( release N2 )HD 785-7 dimension "a" Max 85mm ( 79-85 mm )bukan 92 mm,nanti akibatnya suspensi keras.... begitu mas bro...

Mas klo untuk 465 dimension “a“ biar empuk di pasang brp mm Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª☺????

untuk HD 465-7 dimensi "a" antara 75-79mm mas

bukannya kalo untuk hd 785 itu 97 plus minus 3 mm ya mas
bener gak ?

oiya mas kalo perbandingan banyaknya oli dengan nitrogen itu berapa ya

bener mas, klo 785 sekitar 97mm +- 3mm

klo olinya sekitar 20liter mas sisanya nitrogen

Mw tanya mas... kira 2 apa ya yang membedakan kenyamanan suspensi Komatsu 785-7 dengan Cat777D?? Kebanyakan operator yg sblumnya Bawa unit komatsu 785-7 pasti mengeluh suspensi keras pada saat bawa CAT777D pada hal sudah pada spec x untuk Adjustment suspensi nya..?? Mohon sarannya thanks

mantab sharingnya gan. jangan lupa lakukan kalibrasi payload juga. saya juga punya blog untuk sharing tentang alat berat lagi bisa di sini

terima kasih

mas kenapaya untuk suspensi HD sebelah kiri, biasanya sama mekanik dilebihin.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More