Saturday, November 19, 2011

Cara Kerja Planetary Gear System Pada Hydroshift Transmission


Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang Hydrosift Transmission, sekarang kita akan membahas komponen dalam Hydroshift Transmission itu sendiri. Pada produk komatsu, hydroshift transmission dibagi dalam dua bentuk, yaitu dengan menggunakan planetary gear dan menggunakan counter shaft. Dan untuk kali ini, saya akan menjelaskan tentang planetary gear system saja.

Planetary gear system terdiri dari tiga elemen, yaitu : Sun gear, Carrier dan Ring gear atau internal gear. Apabila mencoba untuk memutarkan dua elemen dari ketiganya atau   satu diputar sedangkan satu lagi ditahan maka akan menghasilkan putaran   yang bervariasi pada elemen outputnya, lebih cepat atau lebih lambat, maju   atau mundur.


Speed ratio dari gear penggerak dengan gear yang digerakkan adalah   tergantung jumlah gigi dari masing - masing gear. Kebanyakan pemakaian dari   planetary gear system terdapat pada transmission system yang mana untuk   kecepatan putar dan arah putar dariintpu dapat diubah bervariasi dalam   berbagai tingkatan pada planetary gear system.


Input shaft dihubungkan dengan planetary carrier ( untuk lebih singkat selanjutnya disebut Carrier ), sedangkan output shaft dihubungkan   dengan Sun gear. Ketika kedua Ring gear ditahan diam tak berputar ( dengan   cara meng-engage-kan clutch yaitu mengikat ring gear dengan case ). Maka   sun gear yang selanjutnya sebagai output akan mendapat tenaga putar dari input.

Dikarenakan adanya perbedaaan jumlah gigi dari kedua sun gear ( lihat gambar ) maka apabila clutch untuk speed 2 di-engage-kan,  output putarannya   akan lebih cepat daripada clutch untuk speed 1 yang di-engage-kan.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More