Wednesday, December 14, 2011

Konstruksi Dan Cara Kerja Battery Relay Switch


Sahabat teknisi, kemarin kita telah berlama-lama dengan pembahasan engine, kali ini saya akan menjelaskan kembali mengenai komponen starting sistem yaitu, battery relay switch.
Fungsi battery relay switch adalah untuk memutuskan atau menghubungkan negatif battery dengan body / chasis, ini disebut negative relay. Pada unit -unit tertentu, battery relay switch berfungsi untuk memutuskan atau menghubungkan positif battery dengan starting motor dan ini biasa dinamakan positif relay. Dan type inilah yang sekarang ini paling banyak digunakan. 

Terdapat 2 ( dua ) jenis battery relay switch yaitu :

    Battery relay switch 3 terminal.
    Battery relay switch 4 terminal.
   
1.  Battery Relay Switch 3 Terminal.

Konstruksi circuit battery relay switch 3 terminal adalah sebagai berikut :

 
Pada saat starting switch posisi ON, maka jalannya arus adalah :
                                 
                                BR  -  C1  -  P3  -  (-B)
                                     ê
                                magnet
                                     ê
                                P1  -  P2 terhubung, ( - B ) dan E berhubungan  
                                     ê
                                P3 terbuka
                                     ê
                                BRC1  -  C2  - (-B)



Arus melewati C1 diperlukan untuk menarik kontaktor P1 - P2, sedangkan arus melewati C1 dan C2 diperlukan untuk menahan kontaktor P1 dan P2.

 
2.  Battery Relay Switch 4 Terminal.

Konstruksi battery relay switch 4 terminal adalah sebagai berikut :

                     
                     1.  Case.
                     2.  Terminal.
                     3.  Base.
                     4.  Cover.
                     5.  Plate.
                     6.  Sub switch.


Prinsip kerja battery relay switch 4 terminal adalah sebagai berikut :
Pada saat starting switch posisi ON, maka jalannya arus adalah
            
                                   BR  -  D2  -  C  -  (-B)
                                        ê
                                   magnet
                                        ê
                                   Sub switch dan P1- P2 terhubung, ( -B) danberhubungan  

Bila engine sudah hidup dan tegangan pengisian battery mencapai 28 - 29   volt, arus dari   alternator ke :
  
                                   R  -  D3  -  Sub switch  -  C  -  ( -B)
  
Dengan demikian, jika engine hidup dan starting switch di-OFF-kan, P1 - P2   dan sub switch tidak terbuka secara mengejut hingga tegangan dari alternator turun menjadi 9 volt.
D1 yang dihubungkan parallel dengan coil C adalah flywheel diode yang digunakan untuk mengalirkan tegangan yang timbul pada coil C ketika sirkuit ground terputus.
D2 untuk mencegah terbaliknya polaritas terminal BR dan ( - B).
D3 untuk mencegah arus menuju altenator ketika sub switch terhubung.

22 comments:

pak knpa -b harus trhubung ke ground ? ap mncgah konsleting agar tdk tjdi kbkaran ?
Mksh sblumx

begini mas, -b dihubungkan dgn ground agar di dapat arus yg paling maksimal. karena pada kondisi yg lain, ada juga yg -b nya terpisah dgn groundednya.
dan bisa juga sebagai safety mas, karena menurut saya, lebih baik kita memutus-hubungkan (-) nya daripada memutus-hubungkan (+) nya, karena jika kita putus-hubungkan (+) nya, dalam relay akan terdapat loncatan bunga api yg besar, sebaliknya dgn jika kita putus-hubungkan (-) nya mas..

pak, penjelasan diatas kan penjelasan cara kerja battery rlay negatif
kalu batteray rellay positif,,gimana pak?????????

mkasih atas sarannya mas, utk battery relay positif, prinsipnya sama kq mas, hanya saja yg di hub kan antara (+)B battery dan (+)B starting motor

mohon bantuan pak.gontrol panel loader komatsu wa 180 saya ,lampu panel control bateray mati oil press mati semua t/m oil transmisi .apa penyebabnya dari bateray relay?

Cara mengetes negatif battery relay 3 termimal normal apa tidak bagaimana caranya?

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More