Monday, January 23, 2012

Internal Leakage Yang Terjadi Pada External Gear Pump


Pada pembahasan hidrolik yang lalu, saya  telah membahas tentang berbagai jenis dan karakter gear pump. Pada posting kali ini saya akan membahas yang tidak kalah pentingnya dengan gear pump itu sendiri, yaitu internal lekage. Internal leakage sangat erat hubungannya dengan komponen hidrolik, karena internal leakage itu sendiri dapat menjadi indikator dalam menentukan komponen hidrolik tersebut masih dalam batas fungsinya atau sudah tidak layak pakai.

Kebocoran oli dari tempat bertekanan tinggi ke tempat yang mempunyai   tekanan rendah kebocoran ini melalui gap atau clearance. Pada pompa roda gigi (gear pump) pasti ada clearance yakni antara roda gigi dengan case, antara gear dan side plate yang memungkinkan oli bocor dan ini juga dimanfaatkan untuk pelumasan.

Gambar di bawah ini menunjukkan tempat-tempat yang memungkinkan oli   bocor. Kebocoran oli ini menyebabkan jumlah oli yang di delivery berkurang.   Semakin tinggi tekanan discharge, semakin banyak oli yang bocor. Semakin   besar clearance juga menyebabkan semakin banyaknya oli yang bocorDemikian pula bila oli yang digunakan terlalu encer.


Adapun sumber internal leakage tersebut adalah
  ~ Antara ujung gigi dengan rumahnya, disebut top clearance.
  ~ Antara sisi gigi dengan sisi plat, disebut side clearance.
  ~ Antara gigi yang satu dengan gigi lainya, disebut backlash.

Berdasarkan Internal leakage tersebut dan berdasarkan konstruksinya, maka   eksternal gear pump digolongkan menjadi dua yaitu
- Fixed side plate gear pump. 
  Pompa jenis ini mempunyai tekanan antara 30 s/d 125 Kg / cm2,  
  dan volumetric eficiency 75% s/d 80%.
- Pressure Balancing Type gear pump.
  Pompa jenis ini direncanakan untuk tekanan tinggi ( lebih dari 140 Kg/cm2 ).
  Dengan menggunakan side plate untuk mengurangi side clearancenya. Adapun.volumetric eficiency pompa jenis ini adalah 93% pada maksimum rpm dan sekitar 88% pada setengah maksimum Rpm dengan tekanan yang   maksimum.

11 comments:

mas dikasih panah dong gambarnya mana yg side plate atau yg pakai flange

ABER Hidrolik Made in Portugal, COCOK untuk WING BOX, DUMP TRUCK, CRANE, dan ALAT-ALAT INDUSTRI. Pemasangan yang Mudah dan TOP Kualitas menjadikan ABER hidrolik yang dapat memenuhi semua kebutuhan Anda.

Contact Person : 081283223090
ABER@densuko.co.id


!!Kualitas Pompa yang Baik Menentukan Produktivitas Anda!!
ganti ABER sekarang

ABER Ready Stok!

- Pompa Hidrolik
- Motor Hidrolik
- Power Take Off (PTO)
- Klep Hidrolik
- Pneumatic/Mekanik Kontrol
- Hidrolik Dumptruk
- Power Pack Hidrolik
- Tangki Oli Hidrolik
- Wet Kits
- Aksesoris Hidrolik

visit out website @ http://aber.co.id

Pelumas berkualitas untuk kebutuhan bisnis anda
Educati Lubricants merupakan salah satu perusahaan pelumas terkemuka di Indonesia. Produk berkualitas dari Educati Lubricants mencakup hydraulic oil, engine oil, cutting oil, heat transfer oil, cutting oil, hingga chassis grease yang cocok digunakan untuk segala kebutuhan mesin anda mulai dari industri perkebunan, transportasi, pertambangan, alat berat, maritim, hingga manufaktur.
Hubungi:081310849918

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More