Saturday, January 21, 2012

Pengetesan Sederhana Battery Relay 4 Terminal

Setelah pada posting terdahulu saya sudah membahas mengenai konstruksi dan cara kerja battery relay, kali ini saya yang akan sharing kepada sobat teknisi mengenai cara sederhana pengetesan battery relay 4 terminal.  


Pengetesan ini kita lakukan dalam kondisi unit ON
1. Hasil pengukuran : Voltmeter menunjuk 24 V dan antara BR dan E.
    Analisa : 
  • Rangkaian dari battery yang melalui   starting switch ke battery relay switch dalam kondisi baik.

2. Hasil pengukuran : Tidak ada tegangan antara R - E.
    Analisa : 
  • D3 dalam keadaan baik.

3. Hasil pengukuran : Voltmeter menunjuk 24 V antara R - E.
    Analisa : 
  • Berarti diode D3 rusak menjadi konduktor.

4. Hasil pengukuran : Tidak ada tegangan antara terminal Br - E.
    Analisa :  
  • Starting switch kontaknya sudah rusak.
  • Kabel penghubung antara starting switch dan battery relay switch putus.
  • Kabel penghubung ke ground ( E ) terputus.

5. Hasil pengukuran : Tidak ada tegangan pada terminal Br - E.
    Analisa :
  • Kontak yang tidak betul pada Starting switch yang menghubungkan terminal B dan Br.
  • Rangkaian yang salah antara starting switch & battery switch.
  • Kabel dari terminal C starting switch putus / lepas.
 semoga dapat bermanfaat..

6 comments:

dear chief
bahasan bahasan yang ada dalam blog ini sangat bermanfaat bagi kami..
terima kasih

makasih mas.. saya jg snang jika tulisan saya bsa brmanfaat bg org lain..

ada gk inovasi yg bisa d kembangkan pada unit komatsu mas

ada mas, dtempat saya mssih ujicoba mengaplikasi rangkaian elektronik utk penghemat bahan bakar, tp sementara uji coba nya pada unit HD

Mas,kalau bedanya safety relay sama baterai relay?

Mas kalau cara tes relay baterai agar kita tau relay masih bagus atau tidak pada saat unit off?

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More