Friday, November 4, 2011

Cara Menampilkan User Menu dan Service Menu PC 200-7

Untuk pengguna Excavator Komatsu PC200-7,tentu sudah tidak asing lagi dengan error code yang sering muncul di monitor panel unit tersebut,terutama jika pada bagian electrical system-nya mengalami masalah.Awalnya di monitor panel hanya muncul " User Code " saja ( misal E02 atau E03 ),namun dari user code inilah mekanik bisa menelusuri kerusakan yang sebenarnya sedang terjadi pada unit tersebut.


Namun kendala yang sering terjadi dilapangan adalah,tidak semua mekanik yang menangani unit tersebut bisa dan mengerti bagaimana cara memunculkan petunjuk selanjutnya ( dalam hal ini adalah cara memunculkan " Service Code " ).Walaupun kadang si mekanik sudah dilengkapi dengan Shop Manual,namun karena ada kendala dengan Bahasa ( umumnya Shop Manual masih dalam bahasa Inggris ) kadang tetap saja tidak si mekanik tidak bisa memunculkan service code-nya.Akhirnya saat melakukan troubleshooting dilapangan,lebih banyak dengan cara menebak-nebak atau main tembak langsung saja.Padahal jika si Mekanik tahu cara memunculkan Service Code tersebut,maka mekanik akan lebih mudah melakukan perbaikan,karena dengan service code yang muncul tadi,si mekanik sudah diberikan guidance oleh factory mengenai cara penanganan problem yang sedang terjadi.


Berikut ini sedikit saya jelaskan mengenai cara menggunakan Special Function di Monitor Panel PC200-7 ataupun PC400LC-7 ,terutama yang menggunakan monitor panel tipe 7 Segment,yaitu :

Cara Menampilkan Kode Special Function :
  1. Tekan buzzer cancel switch yang ada disamping kanan operator + auto decell switch syang ada di monitor panel secara bersamaan selama 2,5 detik,maka monitor panel akan langsung menampilkan special function code 01.
  2. Tekan buzzer cancel switch + working mode selector ( UP ) switch / ( DOWN ) switch secara bersamaan untuk memeilih special function code yang diinginkan ( dari code 01-07 , 15-16 ).
  3. Setelah special function yang diinginkan sudah dipilih,kemudian tekan setting switch.
Dibawah ini adalah kode-kode special function :

01 = Service Mode
02 = Monitoring Mode
03 = Governor Motor Adjustment Mode ( G SET )
04 = Oil Maintenance Setting Mode
05 = Working Mode Default Setting Mode ( d SET )
06 = Attachment Setting Mode ( 1 SET )
07 = ( 2 SET ) 

15 = ( 15 SET )
16 = ( 16 SET )

Cara menampilkan special function code 01 ( Service Code Display ) :

  1. Tekan buzzer cancel switch+auto decel switch secara bersamaan selama 2,5 detik,maka monitor panel akan langsung menampilkan special function code 01.
  2. Setelah special function code 01 terpilih,kemudian tekan setting switch,maka monitor panel akan langsung menampilkan error code ( service code ) berikut dengan jam terjadinya error tersebut.Contoh E213 , 4h ( service code 213 muncul 4 jam yang lalu ).
  3. Untuk menampilkan error code yang lain, tekan buzzer cancel switch + working mode selector (UP) switch atau (DOWN) switch.
  4. Untuk menghapus error code dari memory,tekan buzzer cancel switch dan tahan,kemudian putar starting key ke posisi OFF,kemudian putar lagi starting key ke posisi ON dengan tetap menekan buzzer cancel switch selama 5 detik.
  5. Untuk mengembalikan ke normal display,tekan buzzer cancel switch +auto decel switch selama 2,5 detik.
Catatan :
Jika jumlah error code yang tersimpan dalam memory lebih dari 20 error code ,maka error code yang paling lama tersimpan akan dihapus dan digantikan oleh error code yang baru.

Dibawah ini adalah beberapa user code yang ada di monitor panel PC200-7 ( dan PC400LC-7 ),biasanyacode dibawah ini akan muncul secara otomatis bila ada problem yang muncul pada sistem electrical di unit.

User Code :

E02 = PC-EPC System
E03 = Swing Holding Brake System
E05 = Governor Motor System
E06 = Boom Raise End Stroke Throttle EPC System

User code diatas akan tampil secara otomatis apabila terjadi problem pada setiap system diatas.




12 comments:

Blog yang bagus,jangan lupa kunjungi juga blog saya yang juga mengulas tentang alat berat di

http://farelosz.mywapblog.com

ass.mas boleh aq minta shop manualnya,klo bleh,ini emailku lankputrabugist@gmail.com
Makasi ya

Assalamuallaikum mas,mas bisa minta shop manual pc200-7,kalo bisa ini alamat email saya mr.yudi6676@gmail.com sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Boss gmn cara perbaikan pc yg tidak bisa gerak,,, tdk bisa swing dll

Boss gimana cara perbaikan pc yg tdk bisa bergerak,,, tidk bisa swing dll tp bisa hidup

Boss bagaimana cara memperbaiki exca pc-7 tidak bisa bergerak,, tidak bisa swing dll

Mau nanya pak" apa yg jadi maslah pada komatsu pc 200/8 apabilah full tangki cm muncul dilayar cm 1 kotak " dan apabilah tangki solar kosong kotak balok muncul samPai ditengah " kalu full cm 1 balok aja yg muncul"tq

Ganti selenoid ppc lock pak 082373598322

cara menampilkan RPM PADA MONITOR GIMANA GAN ?

Yang sepaket dg tabung adaptor isi nitrogen itukah

langkah2 apa yang harus kita lakukan ketika mengalami unit low power hidraulic di pc 200-8

Pak numpang tanya error kode L03 pada komatsu pc200-8 itu terjadi kerusakan di bagian mana?
Terima kasih sebelumnya

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More