Monday, February 6, 2012

Fuel System Pada Engine Komatsu TIER 2

Fuel System

Sahabat teknisi, setelah pada posting-posting terdahulu kita sudah membahas mengenai komponen-komponen engine, sekarang saya akan sharing mengenai sistem-sistem apa saja yang ada pada engine itu sendiri. Untuk yang pertama, saya akan membahas mengenai fuel system.

Diesel Engine dapat beroperasi karena adanya pembakaran dalam ruang bakar sehingga
menghasilkan gerak putar. Pembakaran dilakukan dengan cara menyalurkan bahan bakar ke ruang
bakar ke ruang bakar. Proses penyaluran bahan bakar pada engine dinamakan fuel system, pada
prinsipnya sistem penyaluran bahan bakar setiap engine adalah sama. Di bawah ini merupakan basic
diagram fuel system pada engine komatsu:


Komponen utama fuel system terdiri dari:
Fuel Tank berfungsi untuk menampung bahan bakar yang akan digunakan untuk proses pembakaran

Feed Pump berfungsi mensupply bahan bakar ke pompa bahan bakar dengan tekanan rendah berkisar 1.2 - 2.6 kg/cm2.

Fuel Filter berfungsi untuk menyaring kotoran yang terkandung di dalam bahan bakar.


Fuel Injection Pump (FIP) berfungsi mensupply bahan bakar ke nozzle dengan tekanan tinggi (max 300 kg/cm2), menentukan timing penyemprotan dan jumlah bahan bakar yang disemprotkan.

Nozzle berfungsi sebagai penyemprot dan pengabut bahan bakar yang dikirim dari FIP.

3 comments:

Benar-benar berat nih bahasannya, kagak ngarti saya...

hehe.. brat apanya mas? yg saya bhas dsini cm msalah teknik alat berat aja mas..

apa nama bagian yang ada tuasnya di belakang governor n mohon gambar cara masangnya

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More