Sunday, October 30, 2011

Penyebab Awal Terjadinya Tekanan dan Kevakuman


Apa itu Tekanan Atmospheric?
Dalam sistem hidrolik, Tekanan atmospheric disini dapat kita artikan adalah gaya tarik bumi, gaya tarik bumi di gunakan di dalam sistem hidrolik untuk mendorong oli/ fluida dari tempat penampungan ( tanki) masuk ke dalam pompa. Fluida/ oli tersebut secara teori  tidak di sedot seperti yang di perkirakan banyak orang.


Sebuah pompa hidrolik bekerja dengan cara memompakan oli ke luar. Apa yang sering di sebut sebagai penghisapan oleh pompa, sebenarnya pompa bekerja untuk menciptakan tekanan di bawah gaya tarik bumi ( kevakuman di bawah Atm ) sehingga tekanan/ gaya tarik bumi mendorong oli masuk ke dalam pompa.


Apakah yang menyebabkan terjadinya Tekanan?
Kebanyakan jenis tekanan berasal dari beban benda itu sendiri. Pada ilustrasi gambar, tampak pompa bekerja dan  mensuplai oli setiap saat. Oli  dari pompa bergerak/ mengalir mencari jalan – jalan yang paling lemah yang membawanya menuju selang/ saluran dan masuk ke dalam silinder yang sedang bekerja.


Dengan melihat gambar di atas dapat kita simpulkan bahwa, berat beban oli juga mempunyai peran dalam menciptakan tekanan
yang besarnya tergantung pada ukuran beban tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More