Saturday, October 15, 2011

Prinsip Kerja Engine Diesel 4 Langkah


Prinsip Kerja Engine 4 Langkah

Mengapa disebut 4 langkah? karena untuk menghasilkan tenaga atau power engine dibutuhkan 4 kali langkah turun-naik piston, mulai dari langkah hisap, kompresi, kerja dan langkah buang. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :


􀂃 Langkah hisap (intake stroke)
Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB). Intake valve terbuka
dan exhaust valve tertutup, udara murni masuk ke dalam silinder melalui intake valve.

􀂃 Langkah kompresi (compression stroke)
Udara yang berada di dalam silinder dimampatkan oleh piston yang bergerak dari Titik Mati
Bawah (TMB) ke Titik Mati Atas (TMA), dimana kedua valve intake dan exhaust tertutup.
Selama langkah ini tekanan naik 30-40 kg/cm2 dan temperatur udara naik 400-500 derajat
celcius.

􀂃 Langkah Kerja (power stroke)
Pada langkah ini, intake valve dan exhaust valve masih dalam keadaan tertutup, partikel–
partikel bahan bakar yang disemprotkan oleh nozzle akan bercampur dengan udara yang
mempunyai tekanan dan suhu tinggi, sehingga terjadilah pembakaran yang menghasilkan
power/temaga. Akibat dari pembakaran tersebut, tekanan naik menjadi 80~110 kg/cm2 dan
temperatur naik menjadi 600~900 degree Celcius.

􀂃 Langkah buang (exhaust stroke)
Exhaust valve mulai sesaat sebelum piston mencapai titik mati bawah sehingga gas
pembakaran mulai keluar. Piston bergerak dari TMB ke TMA mendorong gas buang keluar
seluruhnya.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More