Tuesday, December 27, 2011

Klasifikasi Pompa Hidrolik

Semua pompa menimbulkan aliran ( flow ). Prinsipnya operasinya disebut DISPLACEMENT  “ dimana zat cair atau fluida diambil dan dipindahkan ke tempat lain. Secara umum pompa mengubah tenaga mechanical menjadi tenaga fluida hidrolik. Sedangkan yang dimaksud dengan DISPLACEMENT adalah volume zat cair yang dipindahkan tiap cycle ( putaran ) dari pompa.

    
Pada dasarnya pompa hirolik diklasifikasikan menjadi :
a. Non positive displacement
Yang dimaksud dengan pompa NON POSITIVE DISPLACEMENT ialah bila pompa mempunyai karakteristik :
- Internal leakage besar.
-Perubahan tekanan mempunyai pengaruh yang besar terhadap kapasitasnya
    
b. Positive displacement.
Yang dimaksud dengan pompa POSITIVE DISPLACEMENT ialah bila pompa mempunyai karakteristik :
-   Internal leakage kecil ( untuk mendapatkan ini dibuat SEAL atau presisi ).
-   Perubahan tekanan berpengaruh kecil terhadap kapasitasnya ( dengan dibuatnya presisi / SEAL, akan melawan kebocoran pada saat tekanan naik ).

Pompa positive displacement sendiri terbagi menjadi beberapa type, yaitu: 
  • Gear pump: bersifat murah, memiliki ketahanan yang lama (awet), sederhana pengoperasiannya. Tetapi kelemahannya adalah memiliki efisiensi yang rendah, karena sifat pompa yang ber-displacement tetap, dan lebih cocok untuk digunakan pada tekanan di bawah 20 MPa (3000 psi).  


  • Vane pump: murah dan sederhana, biaya perawatan yang rendah, dan baik untuk menghasilkan aliran tinggi dengan tekanan yang rendah. 


  • Axial piston pump.Satu jenis pompa hidrolik yang menarik adalah axial piston pump. Pompa ini dapat berjenis swashplate atau juga checkball. Jenis pompa ini didesain untuk dapat belerja pada displacement yang bervariasi, sehingga dapat menghasilkan aliran dan tekanan fluida hidrolik yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Jenis yang paling banyak digunakan adalah swashplate pump. Pompa ini dapat kita ubah sudut swashplate-nya untuk menghasilkan langkah piston yang bervariasi tiap putaran. Jika sudut semakina besar, akan menghasilkan debit aliran yang besar dengan besar tekanan yang lebih kecil, dan begitu pula sebaliknya.   


  • Radial Piston Pump: digunakan untuk menghasilkan tekanan fluida hidrolik yang tinggi dengan debit aliran yang rendah. 





7 comments:

makasig gan kunjungannya, nanti saya blogwalking ke tempat agan2

Mantapp gan, infonya sangat membantu.. kalau butuh hidrolik silahkan kontek ane

0822 1040 9885 / aber@densuko.co.id


Tinggal sebut kapasitas, kami siap membantu :)

ABER Hidrolik, COCOK untuk DUMP TRUCK, CRANE, dan ALAT-ALAT INDUSTRI. Pemasangan yang Mudah dan Top Kualitas menjadikan ABER hidrolik yang dapat memenuhi semua kebutuhan Anda.
ABER Ready Stok, tinggal sebut kapasitas Hidrolik Anda !!
!!Kualitas Pompa yang Baik Menentukan Produktivitas Anda!!
ganti ABER sekarang

Kebetulan ni ada artikel hidrolik. Kebetulan ane punya mesin press hidrolik buat dus.. ane mau rubah pompanya ke pressure 270 bar asalnya di 70 bar. Gmana menurut agan apakah tekanan(Tonase nya bakal naik??) tolong d balas...

Kebetulan ni ada artikel hidrolik. Kebetulan ane punya mesin press hidrolik buat dus.. ane mau rubah pompanya ke pressure 270 bar asalnya di 70 bar. Gmana menurut agan apakah tekanan(Tonase nya bakal naik??) tolong d balas...

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More