1. Friction Clucth.
Clutch jenis ini dalam penerusan tenaga/putaran adalah dengan cara
menempelkan ( engaged ) dua bidang permukaan, sehingga tenaga / putaran dari bidang permukaan yang satu dapat diterima oleh bidang permukaan yang lainnya.
~ Macam - macam type friction clutch :
- Disc dan plate type.
- Cone type.
Friction
Clutch ( Disc & Plate Clutch ) dapat dibedakan lagi :
a. Menurut sistem pendingin Disc Clutch :
1. Dry
Type : Panas yang timbul pada Disc Clutch akibat Friction /
gesekan pada saat awal Engage / disengage di lepas
langsung ke udara. Strukturnya lebih sederhana dan tidak mungkin terjadi problem kebocoran oli.
2. Wet
Type : Panas yang timbul pada Disc di lepas ke Oli dan juga Oli tersebut berfungsi sebagai untuk melumasi bagian - bagian
yang bergerak lainnya.
b. Menurut banyaknya Disc Clutch :
1. Single
Disc Type : Menggunakan satu buah disc ( Driven Plate
).
2. Double
Disc Type : Menggunakan dua buah disc ( Driven Plate
).
3. Multi
Disc Type : Menggunakan tiga atau lebih disc ( Driven Plate
).
c. Menurut cara kerjanya Clutch :
1. Spring
Type : Untuk Engaged Disc dan Plate menggunakan tekanan dari Spring ( Spring
Loaded ) dan pengoperasiannya digerakkan dengan pedal
( untuk
men-disengaged-kan ).
Pada
spring type dibedakan menjadi :
~ Multi Spring.
~ Single
Spring.
2. Over
Center Type : Untuk Enggaged Disc dan Plate menggunakan tekanan dari dari komponen Over Center ( Link, Roller dan
Weight ) dan pengoperasiannya digerakkan dengan Lever ( untuk Engaged maupun Disengaged ).
2. Fluid
Coupling.
Clutch jenis ini dalam penerusan tenaganya melalui media cairan / fluida. Secara umum clutch jenis ini dapat dibedakan atas :
~ Torque converter.
~ Fluid coupling.
0 comments:
Post a Comment