Thursday, November 10, 2011

Teknologi Engine TIER3 Komatsu

Untuk materi kali ini saya akan mencoba membahas  sedikit mengenai teknologi yang baru-baru ni sedang dikembangkan oleh Komatsu Engeenering, yaitu teknologi TIER3. Teknologi TIER3 ini pada dasarnya merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya TIER 2. Teknologi ini bertujuan untuk memangkas emisi gas buang NOx dalam jumlah besar.


Secara kasarnya begini, jika temperatur pembakaran engine terlalu rendah, otomatis emisi gas buang yang ditimbulkan malah akan semakin tinggi, begitu pun juga dengan fuel consumptionnya. Akan tetapi jika kita naikkan temperatur pembakarannya, maka emisi gas buang dan jelaga akan semakin kecil. Dan secara bersamaan, akan memperkecil fuel consumption pada engine. Dan inilah yang dipakai pada teknologi TIER3 Komatsu, yaitu dengan menaikkan temperatur pembakarannya.

Beberapa perbedaan antara TIER3 dan TIER2 ;
1. Sistem kontrol engine dibuat lebih komprehensif dari teknologi sebelumnya
2. Mengunakan sistem pembakaran HPCR (High Pressure Common Rail), yaitu dengan tekanan injeksi fuel yang sangat tinggi, maka dapat menaikkan temperatur pembakaran.
3. Ruang bakar diubah sedemikian rupa sehingga dapat mengurangi turbulensi bahan bakar di ruang bakar.
4. Karena efek temperatur yang sangat tinggi, maka untuk proses pendinginannya menggunakan teknologi pendinginan EGR System, yaitu dengan mengembalikan sejumlah udara yang sedikit oksigen ke dalam ruang bakar.

Apa keuntungannya menggunakan TIER3?
Teknologi TIER3, memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan tenologi sebelumnya, yaitu :
1. Teknologi ini dilengkapi dengan sistem kontrol elektronik yang canggih yang dapat meningkatkan performa dari sebuah unit, sekaligus mengurangi fuel consumptionnya.
2. Meningkatkan ekonomi bahan bakar dan mengurangi tingkat kebisingan engine.
3. Mampu bekerja di tempat kerja yang ekstrim baik dataran rendah maupun dataran tinggi.











0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More