Wednesday, December 21, 2011

Konstruksi Dan Prinsip Kerja Starting Motor


Starting motor merupakan komponen vital dalam starting sistem. Karena tanpa adanya starting motor, engine tidak dapat hidup. Seperti halnya motor listrik lainnya, starting motor mengubah tenaga listrik battery menjadi tenaga mekanis putaran. Fungsi starting motor adalah untuk menggerakkan flywheel untuk  menghidupkan engine.

Konstruksi starting motor dapat dilihat pada gambar di bawah 


Prinsip kerjanya dapat dijelaskan sebagai berikut 


Ketika starting switch posisikan START, maka jalannya arus adalah :
   
  C - Hold in coil 1 - ground
  
  C - Pull in coil 2 - field coil - armature - ground

Kemagnetan yang terjadi mampu melawan spring 4, menarik plunger 3   sehingga terminal B - M berhubungan. Saat terminal B - M berhubungan pull   in coil 2 tidak bekerja, sedangkan hold in coil bekerja untuk mempertahankan   agar terminal B - M tetap berhubungan.

Dengan adanya mekanisme shift lever, maka saat plunger bergerak pada   pinion gear akan bergerak maju. Sedangkan pada field coil timbul medan   magnet sehingga saat armature mendapat arus akan di dapat gerakan   berputar ( kopel ) untuk memutar engine.

3 comments:

Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk AKI.NAWE kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasang togel,hasil ritual KI NAWE meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya KI NAWE lah yang bisa merubah nasib kami..KI NAWE orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 085=218=379=259=AKI NAWE,dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai dan sudah terbukti.












Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More