Tuesday, May 7, 2013

Pengetahuan Dasar Air Conditioner (A/C) Part 1

PANAS

Energi kinetik dari aktifitas suatu molekul pada suatu zat akan menyerap pembentukan panas. Jika panas diberikan pada sebuah zat oleh zat yang lain, temperaturnya akan naik. Jika panas dibawa oleh benda lain, temperaturnya akan turun.

1.Kwantitas panas
Jika panas dirambatkan dari satu zat ke zat yang lainya, temperatur ke dua zat tersebut akan berubah. Besarnya perubahan pada temperatur akan tergantung pada jumlah panas yang dirambatkan. Jumlah panas ditunjukan dalam satuan kalori (Cal) atau kilo kalori (Kcal). Satu cal menunjukan jumlah panas yang diperlukan untuk menaikan temperatur dari 1g air sebesar 1 derajat. Satu Kcal menunjukan jumlah panas yang diperlukan untuk menaikan temperatur 1Kg air sebesar 1 derajat.

2.Panas jenis (specific heat)
Jumlah panas yang diperlukan untuk menaikan atau menurunkan temperatur suatu zat bervariasi tergantung pada type, berat,dan banyaknya perubahan temperatur dari zat tersebut. Jumlah panas yang diperlukan untuk menaikan temperatur dari satu satuan berat zat sebesar 1 derajat dinamakan panas jenis. Satuan dari panas jenis adalah Kcal/kg.ยบ C. Panas jenis sering ditunjukan dengan angka tanpa satuan. Panas jenis yang lebih besar dari suatu zat, lebih sulit untuk dipanaskan dan didinginkan. Panas jenis dari air = 1, adalah nilai terbesar dari benda padat ataupun cair.


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More